Doa Menerima Zakat Fitrah

Doa Menerima Zakat Fitrah

Orang yang telah menerima zakat fitrah adalah orang yang menerima kebaikan dari orang lain. Ole karenanya, adab yang baik bagi orang yang menerima kebaikan adalah juga membalas kebaikan orang yang telah memberinya zakat itu, setidaknya membalas kebaikannya dengan doa.

Tidak ada keharusan menggunakan doa tertentu bagi orang yang menerima zakat fitrah. Yang terpenting, penerima mendoakan yang baik-baik untuk kebaikan Muzakki. Meski begitu, ada doa zakat fitrah yang masyhur dan populer untuk diucapkan ketika menerima zakat fitrah ini.

Doa Menerima Zakat Fitrah Versi 1

ﺁﺟَﺮَﻙ ﺍﻟﻠﻪُ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺍَﻋْﻄَﻴْﺖَ، ﻭَﺑَﺎﺭَﻙَ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺍَﺑْﻘَﻴْﺖَ ﻭَﺟَﻌَﻠَﻪُ ﻟَﻚَ ﻃَﻬُﻮْﺭًﺍ

“Semoga Allah memberikanmu pahala atas apa yang engkau berikan, dan semoga Allah memberikan berkah atas harta yang kau simpan dan menjadikannya sebagai pembersih bagimu.”

Doa di atas adalah doa yang paling masyhur dan populer untuk mendoakan Muzakki. Dalam doa tersebut, setidaknya mengandung tiga doa untuk kebaikan Muzakki, yaitu:

Pertama, agar zakat yang telah dikeluarkan oleh Muzakki berbuah pahala, bukan hanya pemberian yang sia-sia seperti orang yang memberi hanya karena pamer.

Kedua, semoga diberikan berkah atas harta yang telah dikeluarkan zakatnya. Karena setiap harta sangat rentan sekali dengan unsur syubhat. Maka setelah ditunaikannya zakat status harta tersebut menjadi lebih berkah.

Ketiga, dengan menunaikan zakat tersebut dapat menjadikan pembersih bagi hati dan jiwa Muzakki. Karena terlalu cinta terhadap dunia dapat menjadikan hati kotor, dengan merelakan sebagian dari harta Muzakki adalah wujud pembersihan kotoran-kotoran dalam hati tersebut.

Baca Juga: Niat Zakat Fitrah

Doa Menerima Zakat Fitrah Versi 2

Doa menerima zakat versi 2 ini datang dari Syaikh Nawawi Al Bantani. Ulama’ kharismatik, Alim Allamah asli dari Indonesia.

Syaikh Nawawi Al Banten menganjurkan bagi penerima zakat untuk mendoakan Muzakki dengan doa berikut:

طَهَّرَ اللهُ قَلْبَكَ فِي قُلُوْبِ الأَبْرَارِ وَزَكَّى عَمَلَكَ فِي عَمَلِ الأَخْيَارِ وَصَلَّى عَلَى رُوْحِكَ فِي أَرْوَاحِ الشُّهَدَاءِ

“Semoga Allah mensucikan hatimu pada hati para hamba-Nya yang Abrar. Semoga Allah membersihkan amalmu pada amal para hamba-Nya yang Akhyar. Semoga Allah bershalawat untuk ruhmu pada ruh para hamba-Nya yang syahid.”

Dalam doa di atas, setidaknya mengandung 3 kebaikan bagi Muzakki, yaitu:

Pertama, semoga Allah menyucikan hati Muzakki dan memasukannya ke dalam golongan hati orang-orang yang baik (Abrar).

Kedua, semoga Allah membersihkan amal Muzakki dan memasukkannya ke dalam golongan amal orang-orang pilihan/baik (Akhyar).

Ketiga, semoga Allah memberikan shalawatnya untuk ruh Muzakki dan memasukan ruhnya ke dalam golongan ruh orang yang syahid.

Kedua doa di atas dapat dijadikan alternatif bagi para penerima zakat fitrah. Dan semoga Allah menerima zakatnya para muzakki, mengabulkan doa mustahiq zakat, dan menanamkan kebahagiaan serta kedamaian di hati semuanya di hari Idul Fitri.

Baca ulasan lainnya di BAB Zakat.

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Waktu Zakat Fitrah

Waktu Pelaksanaan Zakat Fitrah

Waktu pelaksanaan Zakat fitrah adalah hal yang sudah ditentukan oleh agama. Tidak hanya dari segi waktu pelaksanaan, para penerimanya ataupun jenisnya juga telah ditentukan. Dari segi waktu pelaksanaan, terdapat beberapa…
Selengkapnya

Bacaan Niat Zakat Fitrah

Niat adalah pekerjaan hati atau sebuah i’tikad untuk memantapkan suatu perbuatan, termasuk Zakat. Meskipun sebenarnya niat adalah perkara hati, namun mengucapkan atau melafalkan niat Zakat Fitrah ini dianjurkan karena bisa…
Selengkapnya
Dalil Zakat

Dalil Tentang Zakat

Zakat adalah salah satu sendi Islam. Kewajiban dan keutamaan menunaikan Zakat banyak sekali disebutkan baik dalam Al-Qur’an dan Hadits. Di halaman ini, kami mengumpulkan Dalil tentang Zakat baik dari Al-Qur’an…
Selengkapnya