Macam-macam Gangguan Jiwa

Gangguan mental, gangguan psikologis, atau gangguan jiwa adalah gangguan dalam cara berfikir, emosi, perilaku, dan kemauan pada diri manusia. Dalam banyak peneletian disebutkan bahwa gangguan mental atau psikologis adalah kumpulan dari beberapa aktifitas fisik maupun mental yang tidak normal.

Contoh gangguan mental pada berfikir yaitu seperti merasa ada bisikan untuk melakukan sesuatu, merasa memiliki teman khayalan, atau suatu halusinasi melihat hantu. Sedangkan orang normal lainnya disaat yang sama tidak merasakan hal-hal itu.

Contoh gangguan mental pada emosi yaitu merasa senang atau sedih yang berlebihan. Orang yang mengalaminya akan merasa sebagai raja, orang berpengaruh, orang penting, dan orang yang perlu diperhitungkan. Tapi di lain waktu ia merasa sangat tidak berguna, tidak berdaya, depresi, dan sangat sedih, sampai timbul suatu pemikiran ingin mengakhiri hidupnya.

Contoh gangguan mental pada perilaku yaitu hyperaktivitas, melakukan pergerakan yang berlebihan, berlari, loncat-loncat, berjalan maju mundur, sampai naik ke atas genteng, dan hal-hal yang tidak disuruh atau malah menentang hal-hal yang disuruh.

Contoh gangguan mental pada kemauan yaitu merasa memiliki kemauan yang lemah, merasa kesulitan dalam membuat keputusan, sulit memulai aktifitas, susah bangun pagi, susah mandi, susah merawat diri sendiri dan acak-acakan. Gangguan mental pada kemauan ini ada banyak sekali, yaitu mulai dari suka mencuri barang unik sampai barang yang memiliki arti simbolis.

Ketidak normalan ini dibagi dalam dua golongan, yaitu gangguan saraf(neurosis) dan gangguan jiwa(psikosis). Ketidak normalan ini terlihat dalam beberapa gejala, yaitu berupa kecemasan, ketegangan, rasa putus asa, ketakutan, rasa tidak berdaya, histeria, murung, rasa tidak mampu mencapai tujuan, dan fikiran-fikiran negatif lainnya.

Gangguan dalam cara berfikir ini ada banyak sekali, para ahli mengelompokannya menjadi enam bagian untuk memudahkan dalam memahaminya, yaitu sensasi, persepsi, ingatan, perhatian, kesadaran, dan asosiasi fikiran. Masing-masing memiliki kelainan tersendiri.

 

Berikut adalah macam-macam dari gangguan jiwa:

  1. Skizofrenia
  2. Skizoaffectif
  3. Bipolar Disorder
  4. Obsesi Kompulsif Disorder
  5. Multiple Identity Disorder
  6. Psikopat
  7. Anorexia Nervosa
  8. Self Harm / Self Injury
  9. Paranoid

Satu pemikiran pada “Macam-macam Gangguan Jiwa

Tinggalkan komentar