office

2 Cara Mengatasi Lupa Password Excel Terkunci

Kadang, Anda mungkin perlu memasang password ke software Excel agar dokumen tertentu tidak bisa diedit secara sembarangan dan mengubah data atau rumus yang ada di dalamnya. Sayangnya, hal ini biasanya disertai dengan permasalahan tertentu seperti lupa password Excel.

Tapi masalah lupa password bukan berarti Anda sudah pasti akan kehilangan dokumen tersebut dan membuatnya dari awal lagi. Ada cara yang bisa dilakukan agar dokumen tersebut bisa terbuka lagi dan bisa diedit sesuai dengan kebutuhan. Bagaimana caranya?

Cara Membuka Dokumen Excel yang Terkunci Password

Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk membuat dokumen Excel yang terkunci bisa terbuka dan bisa diedit lagi sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah berbagai cara yang sebaiknya dilakukan ketika Anda lupa pada password yang digunakan untuk mengunci dokumen Excel.

1. Membuka password tanpa bantuan software tambahan

Dokumen yang terprotect bisa dibuka dengan cara mengklik tombol Unprotect kemudian mengetikkan passwordnya. Tapi kalau Anda tidak bisa mengingat password tersebut, praktekkan beberapa cara di bawah ini.

  • Cari dan temukan dokumen Excel yang ingin Anda edit kemudian klik dua kali pada dokumen tersebut untuk membuka filenya. Setelah dokumen terbuka, pencet tombol ALT bersamaan dengan F11 sampai jendela Microsoft Virtual Basic
  • Lalu klik pada tab Insert dan klik pada menu Module. Akan muncul sebuah form atau clipboard untuk memasukkan sebuah modul. Masukkan modul yang ada di bawah ini ke form tersebut. Langsung salin dan tempelkan saja ke form yang tersedia.
Lalu klik pada tab Insert dan klik pada menu Module. Akan muncul sebuah form atau clipboard

Sub InternalPasswords()
Dim i As Integer, j As Integer, k As Integer
Dim l As Integer, m As Integer, n As Integer
Dim i1 As Integer, i2 As Integer, i3 As Integer
Dim i4 As Integer, i5 As Integer, i6 As Integer
On Error Resume NextFor i = 65 To 66: For j = 65 To 66: For k = 65 To 66
For l = 65 To 66: For m = 65 To 66: For i1 = 65 To 66
For i2 = 65 To 66: For i3 = 65 To 66: For i4 = 65 To 66
For i5 = 65 To 66: For i6 = 65 To 66: For n = 32 To 126
Unprotect Chr(i) & Chr(j) & Chr(k) & _
Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & Chr(i3) _
& Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n)
ActiveSheet.Unprotect Chr(i) & Chr(j) & Chr(k) & _
Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & Chr(i3) _
& Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n)
If ActiveWorkbook.ProtectStructure = False Then
If ActiveWorkbook.ProtectWindows = False Then
If ActiveSheet.ProtectContents = False Then
Exit Sub
End If
End If
End If
Next: Next: Next: Next: Next: Next
Next: Next: Next: Next: Next: Next
End Sub

Sub InternalPasswords()
  • Setelah itu langsung pilih salah satu sheet di dalam file Excel yang akan dibuka dan diedit. Kemudian klik pada tombol Run Macro yang warnanya hijau. Klik pada tombol Run ketika jendela Macro muncul kemudian tungguhingga prosesnya selesai.
  • Proses pembukaan password ini bergantung dengan ukuran file Excel yang terbuka dan seberapa banyak data yang ada di dalamnya. Jadi pastikan Anda menunggu dengan benar-benar sabar sampai prosesnya selesai sepenuhnya.

Setelah proses pembukaan password selesai, dokumen Excel sudah bisa diedit dan diubah datanya sesuai dengan keinginan karena password yang melindunginya sudah menghilang. Kalau Anda kurang yakin dengan cara mengatasi lupa password Excel di atas, coba terapkan pada file lain.

Pilih file Excel yang isi dokumennya tidak penting atau buat file Excel baru lalu proteksi dengan password. Terapkan cara diatas untuk melihat apakah bisa berhasil dan tidak mempengaruhi data maupun rumus yang ada di dalamnya. Setelah itu praktekkan cara di atas di dokumen yang dibutuhkan.

2. Membuka dokumen berpassword dengan Google Drive

Atau, kalau Anda masih takut untuk mencoba cara di atas, gunakan aplikasi Google Drive untuk membuka dokumen Excel yang dilindungi dengan password. Sebelumnya, Anda perlu mengunduh aplikasi Google Drive atau membuka Google Drive di web browser lalu ikuti langkah-langkah berikut.

  • Buka Google Drive lalu masuk dengan akun Google atau buat akun Google baru terlebih dahulu. Setelah itu klik pada tombol + New sehingga bisa menambahkan file baru dari penyimpanan di PC atau laptop.
  • Klik pada menu File Upload lalu klik pilihan Open. Setelah dokumen tersebut terunggah ke Google Drive, klik dokumen Excel dua kali sehingga dokumen tersebut akan terbuka. Klik pada pilihan Open with kemudian klik pilihan Google Sheetsuntuk membuka dokumennya.
Klik pada menu File Upload lalu klik pilihan Open. Setelah dokumen tersebut terunggah ke
  • Dokumen Excel akan terbuka dan password yang melindunginya akan terbuka. Unduh lagi dokumen tersebutdengan mengklik menu File lalu klik pilihan Download As kemudian klik pada pilihan Microsoft Excel (.xlsx).
Dokumen Excel akan terbuka dan password yang melindunginya akan terbuka. Unduh lagi
  • Berikan nama lain untuk dokumen tersebut sehingga berbeda dari file yang asli. Berikutnya klik pada tombol Save dan dokumen baru akan terunduh ke penyimpanan laptop atau PC.

Lupa password Excel bisa diatasi dengan mudah dengan atau tanpa bantuan aplikasi tambahan. Pilih cara yang paling mudah untuk membuka dokumen yang terkunci dan tidak bisa dibuka karena Anda lupa passwordnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like