Ini Paket Umroh dan Rincian Biaya Terbaru 2022

Masyarakat mulai merasakan angin segar ketika Pemerintah berangsur-angsur membuka kembali pendaftaran umroh setelah menutup perjalanan umroh di tahun 2020 dan 2021 karena pandemi Covid-19.

Dengan protokol yang ketat dan penyesuaian sistem yang terintegrasi dengan Arab Saudi, pemerintah berupaya memberikan perlindungan maksimal untuk peserta umroh dari Indonesia. 

Biaya untuk umroh tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya mengingat adanya berbagai aturan yang membatasi, mulai dari hotel, hingga kapasitas bus yang harus dibatasi sehingga memerlukan biaya tambahan.

Menurut rapat Kementerian Agama RI, biaya umroh tahun 2022 berkisar Rp 28 juta, belum termasuk PCR dan karantina. Travel umroh biasanya memberikan harga yang bervariasi.

Jika masuk pada bulan-bulan tertentu seperti Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah pasti harganya akan lebih mahal dari bulan yang lain. Fasilitas hotel, penerbangan dan layanan tambahan  yang digunakan juga termasuk hal-hal yang mempengaruhi harga paket perjalanan umroh.

Macam-macam Rincian Biaya Paket Umroh Terbaru di 2022

Jika kamu sedang cari paket umroh, berikut macam-macam paketnya dan rincian biaya terbaru tahun 2022 yang bisa kamu jadikan acuan.

1. Paket Reguler

Paket reguler adalah paket perjalanan ibadah umroh tanpa ada tambahan fasilitas lain. Perjalanan umroh ini berlangsung sekitar 9-13 hari. Biaya dari Travel bermacam-macam, mulai dari 25 juta hingga 30 juta. Peserta umroh ini akan berangkat dari bandara Soekarno-Hatta Jakarta langsung menuju kota Makkah dan Madinah. 

2. Paket Premium

Paket premium sebenarnya sama dengan paket yang reguler. Yang membedakan adalah hotel. Peserta umroh reguler rata-rata akan menginap di hotel bintang 4 yang lokasinya agak jauh dari Masjidil Haram.

Sedangkan paket umroh premium akan menginap di hotel bintang 5 dengan lokasi yang sangat dekat dengan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Biaya untuk paket premium berkisar antara 30 juta hingga 35 juta.

3. Paket Hemat

Pakethemat biayanya cukup terjangkau jika dibandingkan dengan umroh reguler dan premium, yaitu mulai 23 juta saja kamu sudah bisa menjalankan ibadah umroh. Hal ini dikarenakan hotel yang digunakan mempunyai lokasi lebih jauh dari Masjidil Haram namun jauh harganya lebih murah dibanding yang lain.

Baca Juga: Tips Umroh Backpacker yang Murah dan Lancar

4. Paket Plus Turki

Beberapa travel umroh biasanya menyediakan paket umroh yang tidak hanya melakukan perjalanan ke Makkah dan Madinah namun juga ke negara-negara yang berdekatan. Salah satu yang paling umum adalah Negara Turki.

Jika kamu mengambil paket perjalanan umroh ini, kamu tidak hanya dapat beribadah ke Makkah dan Madinah, namun juga akan mengunjungi beberapa kota yang terkenal di Turki, yaitu Cappadocia, Istanbul, dan Bursa.

Jika kamu cari paket umroh yang bisa sekaligus jalan-jalan ke Turki ini, kamu perlu menyiapkan biaya sebesar 30 juta hingga 37 juta, bervariasi tergantung travel yang kamu pilih.

5. Paket Plus Dubai

Tidak hanya ke Turki, biasanya travel umroh juga menyediakan paket perjalanan umroh sambil berjalan-jalan ke Dubai. kamu bisa melakukan ibadah umroh, lalu kemudian menikmati keindahan kota dubai dengan merogoh kocek sebesar 40 juta hingga 45 juta. Untuk travel umroh plus Turki atau Dubai biasanya berlangsung sekitar 12 hari.  

Itulah macam-macam paket dan rincian biaya terbaru 2022. Untuk semua paket umroh yang disediakan dari travel biasanya memiliki fasilitas yang berbeda-beda, dengan harga yang pastinya tidak jauh dari acuan biaya yang ditentukan oleh pemerintah.

Salah satu tips untuk untuk kamu yang sedang cari paket umroh adalah kamu perlu memperhatikan apa saja yang termasuk dalam fasilitas yang diakomodasi oleh travel, seperti tiket pesawat, hotel, visa umroh, asuransi, dokumen pendukung seperti paspor, katering, dan sebagainya.

Jika ada yang tidak dicover, maka kamu perlu mempersiapkan biaya tambahan sesuai dengan biaya yang tidak termasuk dalam fasilitas paket. Protokol perjalanan yang dilakukan selama pandemi juga mengharuskan kamu mengeluarkan biaya yang lebih untuk biaya tes PCR dan karantina.

Jadi, pilihlah paket yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu. Yang terpenting adalah kamu dapat beribadah umroh dengan tenang. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *